SMA KATOLIK FRATERAN NDAO ENDE MELAKSANAKAN KEMAH PRAMUKA DI MAUKELI PADA TANGGAL 2-6 AGUSTUS

SMAK Frateran Ndao kembali disibukan oleh kemping, yang merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang mana sudah menjadi program tahunan sekolah. Kemping dilaksanakan  pada Kamis 2-6 Agustus 2018 bertembat di Batawa, Desa Wolokisa , Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo. Kegiatan yang melibatkan kurang lebih 400 siswa semester 3 dan semester 5 ini dilaksanakan sedikit berbeda  dengan pelaksaannya pada tahun sebelumnya, karena didalamnya juga disisipkan tiga kegiatan besar yakni katakese, tanggungan kor di gereja St. Mikael Maukeli dan konser kelompok paduan suara Gema Kelimutu Frando Choir (GKFC).

Rombongan keluarga besar SMAK Frateran Ndao berangkat dari Ende pukul 10.30 WITA dan tiba di bumi perkemahan sekitar pukul 14.00 WITA. Setelah sampai, lansung dialnjutkan dengan pembangunan tenda untuk masing-masing sangga.

Kedatangan keluarga besar SMAK Frateran Ndao ini disambut baik oleh seluruh masyarakat Batawa, Maukeli. Hal ini ditunjukan dengan partisipasi orang muda Katolik serta masyarakat yang membantu menyediakan seluruh kebutuhan pangan dan kebutuhan lainnya untuk guru dan siswa.

Kegiatan baru efektif berjalan esok harinya (Jumad 03/08). Hari kedua ini diisi dengan dua agenda besar yaitu pengambilan laksana bagi siswa/I penegak bantara (semester 5) dan pemaparan materi dilajutkan jerit malam bagi pengambilan bantara (semester 3).

Sabtu, 04/08 merupakan hari yang sangat padat kegiatan, dengan agenda pengambilan bantara dan api unggun untuk calon penegak (semester3) sekaligus penutupan kegiatan pramuka, serta kegatan katakese bagi peserta didik semester 5.

Meskipun begitu banyak kegiatan yang diahadapi, yaitu hujan yang terus menerus mengguyur bumi perkemahan, tenda-tenda yang bocor karena hujan serta medan yang begitu ekstrim tidak mematahkan semangat siswa/I untuk menyelesaikan seluruh kegiatan. Bahkan dengan cuaca dan keadaan yang kurang bersahabat mereka semakin tertantang untuk melibas semua tantangan dan rintangan.

Kepala sekolah SMAK Frateran Ndao Fr. M. Wilhelmus Satel Sura, BHK.,S.Pd.,MM dalam sambutannya di lasir dari lapangan bumi perkemahan Batawa mengatakan “ Kegiatan pramuka ini merupakan kegiatan yang dapat membantu pembentukan karakter siswa. Disini kalian semua belajar untuk mandarin, belajar untuk disiplin, bekerja sama, dan bertanggung jawab. Frater berharap setelah kembali anak-anak semua dapat merealisaikan seluruh ilmu dan pelajaran yang sudah didapat selama kegiatan kemping/perkemahan ini dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga dan masyarakat.

Minggu, 05/08 diawali dengan peraan ekaristi bersama di gereja St. Mikael Maukeli. SMAK Frateran Ndao mendapat kesempatan untuk menanggung liturgy pada parayaan tersebut. Dengan persiapan yang sudah dialkukan anak Frando berusahan memberikan yang terbaik.

Dalam sambutannya kepada seluruh yang hadir pada perayaan ekaristi pastor paroki Maukeli Romo Serfan mengatakan “Bapa, Mama, kita bersyukur karena kita dapat kunjungan anak-anak kita dari SMAK Frateran Ndao. Mereka datang dari jauh-jauh dari Ende. Dengan kegiatan-kegiatan mereka mau menhibur kita semua dan melalui kegiatan katakese mau mengunjungi hati kita serta membantu kita untuk lebih dekat dengan Tuhan”. Sambutan ini diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada umat Maukeli yang diwakili oleh pastor paroki serta tepukan tangan meriah untuk seluruh keluarga besar SMAK Frateran Ndao.

Usai perayaan ekaristi bersama, dilanjutkan dengan persipan malam hiburan yang diisi oleh konser paduan suara Gema Kelimutu Frando Choir dan beberapa bintang tamu dari SMP St. Mikael Maukeli dan SMPN 1 Mauponggo.

Konser ini diadakan diaula paroki St. Mikael Maukeli. Begitu banyak umat yang antusias untuk menyaksikan konser. Bahkan ada sebagian umat yang rela menonton dari luar jendela, karena tempatnya yang disediakan tidak bisa menampung seluruh umat. Konser berjalan dengan lancer dan sangat meriah. Saking kemerduan suara ana ndao dalam menampilkan lagu-lagu yang sangat menghibur, sampai-sampai seruh umat tidak mau beranjak dari tempatnya. Konser ini usai sekitar pukul 23.30 WITA. Dengan berakhirnya konser maka berakhir juga semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh semua SMAK Frateran Ndao di Batawa, Maukeli.

Senin (06/08) setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai keluarga besar SMAK Frateran Ndao berangkat kembali ke Ende dengan berkat Tuhan leawt tangan partor paroki Rm. Serfan.

Dengan tekat dan semangat…..

Segala rintangan tidak akan menjadi penghalang……

Ayo ana Ndao bersama kita libas tantangan

 

(Wiwin Mbuka MIPA I/3 )

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *